KANTIN SEHAT: TEGASKAN YOU’RE WHAT YOU EAT

kantin sehat

“Makan apa saja yang penting enak dan kenyang.” Siapa yang memiliki anggapan bahwa makan apa saja yang penting dapat mengganjal perut dengan rasa yang enak.

Padahal terdapat anggapan bahwa “You’re what you eat”. Yang memiliki arti nutrisi yang masuk ke tubuh akan berdampak pada tubuh kita. Sebagai contoh jika kita terlalu banyak mengkonsumsi gula maka akan berdampak yaitu badan menjadi lemas, wajah mudah berjerawat, atau fatalnya jika kebiasaan ini berlanjut dapat menyebabkan penyakit mengerikan seperti diabetes. Contoh lain jika kita rutin mengkonsumsi sayur dan buah maka secara tidak langsung akan memberikan efek segar pada tubuh, wajah menjadi mulus, proses pengeluaran kotoran menjadi lebih lancar, dan manfaat lain bagi kesehatan.

Asupan yang masuk ke tubuh kita adalah hal yang penting tetapi banyak dari kita yang tidak menyadarinya. Salah satu asupan yang perlu dibatasi adalah konsumsi gula, garam, dan lemak (GGL). Mengapa? Hal ini dikarenakan konsumsi gula, garam, dan lemak yang berlebih dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Hal ini diperkuat oleh riset Zubaidah (2020) menyatakan bahwa remaja mengkonsumsi gula berlebih sebanyak 53,1%, mengkonsumsi garam berlebih sebanyak 26,2% dan mengkonsumsi lemak berlebih sebanyak 40,7%.

Selain itu, kelompok usia remaja dengan rentang usia 13-18 tahun memiliki kecenderungan mengkonsumsi gula, garam, dan lemak lebih banyak dari kelompok umur lainnya. Salah satu program yang dapat disasar untuk menekankan pentingnya asupan yang masuk ke tubuh adalah kantin sehat yang ditujukan pada remaja siswa SMP hingga SMA.

Sosialisasi mengenai batas asupan gula, garam, dan lemak serta penyediaan kantin sehat telah dilaksanakan di SMA Islam Sultan Agung Semarang oleh tim Youth Nutritiative yaitu pada acara Nutritious Class Goes to School pada 15 Agustus 2023. Namun, masih banyak sekolah yang harus disasar sehingga kami mengadakan campaign “Kantin Sehat: Tegaskan You’re What You Eat”.

Apa itu campaign kantin sehat? Yaitu kantin yang menyediakan rak khusus untuk produk dengan Logo Pilihan Lebih Sehat dan kantin yang menyediakan rak khusus rekomendasi menu jajan sehat pada siswanya. Berikut beberapa tahap yang dilakukan untuk ke tahap kantin sehat:

1. Advokasi pihak sekolah

Untuk menuju ke arah kantin sehat maka pihak terkait dapat melakukan perizinan ke pihak sekolah untuk mengadakan sosialisasi secara langsung atau non langsung (poster maupun video) kepada siswa dan pelaku usaha kantin.

2. Sosialisasi siswa dan pelaku kantin

Setelah mendapatkan persetujuan dari pihak sekolah lalu pihak penyelanggara program dapat melakukan sosialisasi secara langsung maupun non langsung (dalam bentuk video maupun poster) kepada siswa dan pelaku kantin. Sosialisasi dilakukan mengenai batasan asupan gula, garam, lemak, mengenai Logo Pilihan Lebih Sehat, dan mengenai pentingnya menjaga asupan pola makan.

3. Penyediaan rekomendasi menu sehat kepada pelaku kantin

Dalam Kantin Sehat: Tegaskan You’re What You Eat memuat dua hal yaitu penyediaan rak untuk produk Logo Pilihan Lebih Sehat dan penyediaan rak untuk rekomendasi menu sehat. Produk Logo Pilihan Lebih Sehat merupakan produk yang memiliki klaim dengan nilai gula, garam, lemak daripada produk sejenis. Konsumsi produk dengan Logo Pilihan Lebih Sehat diharapkan memiliki arti lebih sehat daripada produk sejenis.

Sedangkan rak untuk rekomendasi menu sehat dapat berupa daftar jajan kemasan yang terkenal bermanfaat bagi segi kesehatan. Dengan adanya dua rak ini, maka siswa dapat lebih mudah dan memilih produk yang lebih sehat dan terhindar dari produk kurang sehat.

4. Penyediaan rak untuk produk logo pilihan lebih sehat dan rak rekomendasi menu sehat

Penyediaan rak berasal dari pihak sekolah. Hal ini dikarenakan pihak sekolah harus terus mendukung program ini.

5. Evaluasi dan keberlanjutan

Evaluasi dilakukan oleh pihak penyelenggara program dan pihak sekolah agar program kantin sehat semakin baik.

Apakah sekolah kalian maupun sekolah terdekat domisili kalian ingin mengadakan kantin sehat? Jika iya dan tertarik dengan campaign ini, maka kami membutuhkan dukungan kalian dalam bentuk vote dan komentar di bawah! Jangan lupa untuk bagikan tulisan ini dan ajak teman-teman kalian untuk vote agar dampak baik dapat tersebar lebih luas ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Picture of Baiti Rahma Asy-Syifa

Baiti Rahma Asy-Syifa

193

Bergabung

100.000

Tujuan Berikutnya

Ikuti Kampanye Ini

Form 1

Mereka yang Sudah Bergabung

Iklan Sponsor

Artikel Populer

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »