YEFSY Goes to School Bahas Masalah Kesehatan Remaja dan Tips Remaja Cerdas Memilih Makanan

KABAR YEFSY – Sabtu (28/09/2024) IPM Jember telah berhasil merespon isu kesehatan remaja yang dikemas dalam program Youth Empowerment for the Food System (YEFSY) 2024. Salah satu rangkaian program YEFSY 2024 adalah YEFSY Goes to School yang melibatkan peran remaja. Program ini berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup remaja dan promosi kesehatan yang berkelanjutan.

Dijelaskan pada YEFSY Goes to School Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Jember. Rifka Pramudia Wardani menjelaskan pada 170 siswa di SMP Dahlan Watukebo-Jember. Kehadiran Tim YEFSY IPM Jember yang berfokus pada isu kesehatan remaja dan peran remaja bertujuan untuk menciptakan awareness dan berharap adanya perubahan perilaku pada individu mengingat hal tersebut menjadi poin unggul dalam kegiatan ini.

Masalah Kesehatan Remaja

Rifka Pramudia Wardani sebagai salah satu tim Program YEFSY sekaligus narasumber menjelaskan masalah kesehatan remaja yang saat ini sedang terjadi sangat penting untuk diperhatikan dan menjadi fokus pemerintah untuk segera diselesaikan. Remaja menghadapi masalah kesehatan yang kompleks, meskipun selama ini diasumsikan sebagai kelompok yang sehat. Rifka menyebutkan ada empat masalah kesehatan remaha yang dinilai paling sering dialami oleh remaja Indonesai yakni kekurangan zat besi (anemia), kurang tinggi badan (stunting), kurang energi kronis (kurus), dan kegemukan (obesitas).

Tips Remaja Cerdas Dalam Memilih Makanan

Upaya penyelesaian masalah remaja yang begitu kompleks membutuhkan kerjasama multi-sektoral dan multidimensional dengan intervensi pada aspek promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang komprehensif. Sebagai generasi muda dapat berkontribusi secara nyata dalam aspek promotif dan preventif. Tim YEFSY IPM Jember dalam kesempatan ini memberikan informasi berkaitan dengan budayakan cek “KLIK” dalam memilih makanan maupun minuman. Kampanye Cek “KLIK” merupakan upaya yang dilakukan oleh Badan POM dalam memberikan perlindungan konsumen sekaligus membangun awareness masyarakat untuk selalu memilih, membeli, dan mengonsumsi produk obat dan makanan yang aman. Kita ketahui kesadaran dalam memilih dan mengonsumsi oabt dan makanan harus dimulai dari setia individu. Adapun penjelasan dari cek “KLIK” yakni:

K (Kemasan)

Konsumen diharapkan bisa melihat dan memperhatikan kemasan pada makanan atau minuman jangan sampai kemasan dalam kondisi rusak atau berubah dari aslinya.

L (Label Gizi)

Setiap kemasan makanan dan minuman yang beredar saat ini tentunya ada informasi gizi yang tertuang di setiap kemasan. Adanya informasi tersebut tentunya menjadi media edukasi konsumen yang harus diperhatikan untuk dilihat kandungan apa saja didalamnya terutama kandungan gula, garam, dan lemak.

I (Izin edar)

Konsumen diharapkan dapat memilih maknaan yang memiliki izin edar yang dikeluarkan oleh BPOM RI/ BPOM RI ML maupun Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dalam hal ini adalah P-IRT.

K (Kedaluwarsa)

Batas konsumsi atau biasa dikenal tanggal kedaluwarsa harus selalu diperhatikan. Jangan sampai dengan teknik marketing diskon konsumen jadi tergiur untuk membeli produk makanan atau minuman yang experied.

Sebagai generasi penerus, remaja memiliki potensi besar untuk menjadi agen perubahan dalam masyarakat, terutama dalam memilih makanan yang sehat. Awareness akan pentingnya gaya hidup yang baik dan pola makan yang seimbang, mereka dapat menginspirasi teman sebaya dan komunitas sekitar untuk lebih bijak dalam mengambil keputusan. Ayo remaja Indonesia memulai hidup sehat yang berkualitas. “Remaja Cerdas Pangan Sekarang, Generasi Emas Mendatang”

Facebook
X
Threads
LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Event Kami

Ruang Kata 4

Artikel Populer

Artikel Terkait

Translate »