RINTANGAN YANG AKAN DI HADAPI OLEH CALON GURU BK DI MASA DEPAN

RINTANGAN YANG AKAN DIHADAPI CALON GURU BK DI MASA DEPAN

OLEH : PUTU YUNITA SUKMA PRATIWI, MAHASISWA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA, JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING, SEMESTER 1

 

 

 Dalam lingkungan pendidikan, peran guru bukanlahhanya tentang bagaimana cara memberi arahan yang benar kepada siswanya. Tetapi peran guru terutamadalam bimbingan dan konseling yang biasa disebutsebagai guru BK, tidak hanya berfungsi sebagai pendidiktetapi guru bk juga sebagai fasilitator, mediator danpengarah bagi siswa dalam mengatasi berbagai jenistantangan dan permasalahan yang dimiliki baik secaraakademik maupun non akademik. Jadi, Pada dasarnyaguru bk harus memiliki keterampilan dasar untukkonseling seseorang sebelum terjun ke dalam duniapendidikan. Guru BK, atau yang biasa disebut sebagaiguru Bimbingan dan Konseling, merupakan peranpenting dalam pembentukan karakter dan kesejahteraanemosional siswa. Keterampilan dasar yang harus dimilikiseorang guru bk bukan lah hal yang gampang.

Apa saja contoh dari keterampilan yang harus dimilikioleh seorang guru BK? antara lain seperti keterampilanattending behavior, keterampilan basic listening, keterampilan konfrontasi, keterampilan fokus padakonseling, dan keterampilan wawancara konseling. Pertama ada keterampilan Attending, keterampilanattending merupakan cara konseling yang digunakan olehkonselor untuk memusatkan perhatian kepada konseliagar konseli merasa dihargai sehingga suasana lebihkondusif agar konseli bebas mengekspresikan ataumengungkapkan tentang apa saja yang ada dalampikirannya, perasaan ataupun tingkah laku yang dirasakan konseli pada saat itu. Kedua ada Keterampilanbasic listening yang berarti suatu keterampilan dalammendengar yang lebih berfokus pada pemahaman danjuga penguasaan bahasa lisan pada seseorang. Keterampilan basic listening diperoleh melalui latihanlistening, dan memperkaya kosakata dengan materi yang sesuai dengan minat dan tingkat kemampuan. Ketiga adaKeterampilan konfrontasi dalam dunia bimbingan dankonseling adalah cara diskusi di mana seseorangkonselor akan memberikan umpan balik yang realistisdan nyata secara langsung tentang perilaku, perasaanataupun, pikiran dari konseli. Sedangkan Keterampilanfokus pada konseling adalah kemampuan untukmendengarkan secara aktif apa yang disampaikan olehklien, kemudian memilih area yang akan difokuskan, Dan yang terakhir ada keterampilan wawancara, Dimanaketerampilan ini sangat dibutuhkan bagi seorangkonselor untuk menguasai perjalanan saat dilakukankegiatan konseling.

Keterampilan wawancara ini dibutuhkan agar konselor dan konseli tidak kaku antara satu sama lain dansebagai konselor harus bisa memulai percakapan yang bisa membawa suasana dalam berjalan nya konseling. Dari banyak nya keterampilan dasar konseling yang harus dimiliki sebagai guru bk tentu keterampilan inibertujuan untuk menciptakan lingkungan yang kondusifsaat melakukan konseling. Dengan memahami kebutuhandan emosi siswa, guru BK dapat membantu merekamengatasi konflik yang sedang dialami. Keterampilandasar konseling sangat penting bagi calon guru BK. Latihan berkelanjutan diperlukan, yang mencakuppraktik lapangan, simulasi, dan pengalaman langsung. Latihan ini membantu calon guru BK memperbaikipendekatan mereka dalam berbagai situasi. Denganlatihan ini, calon guru BK akan lebih siap menghadapidinamika di lapangan dan lebih efektif membantu siswamereka.

Masa depan pendidikan menghadirkan tantangan barubagi guru BK. Isu kesehatan mental yang meningkat, perubahan perilaku siswa karena teknologi digital, danperundungan daring adalah beberapa masalah yang sering ditemui. Jika guru BK tidak memilikiketerampilan konseling dasar, mereka akan sulitmelakukan intervensi yang tepat dalam situasi ini. Selainfokus pada masalah yang ada, guru BK juga berperandalam pengembangan karakter siswa. Melalui konseling, siswa dapat diajarkan tentang nilai-nilai positif, pengambilan keputusan yang baik, dan tanggung jawab. Keterampilan konseling memungkinkan guru BK untukmembantu siswa mengeksplorasi minat dan bakatmereka, serta membangun rasa percaya diri. Dengandemikian, siswa tidak hanya menjadi lebih siapmenghadapi tantangan akademik, tetapi juga kehidupandi luar sekolah. Di lingkungan sekolah, konflik antarsiswa atau antara siswa dan guru sering terjadi.

Guru BK yang memahami keterampilan konselingdapat berfungsi sebagai mediator yang efektif dalammenyelesaikan konflik tersebut. Keterampilan sepertinegosiasi, mediasi, dan teknik resolusi konflik sangatpenting untuk membantu semua pihak menemukan solusiyang saling menguntungkan. Dengan mengajarkan siswacara menyelesaikan konflik secara konstruktif, guru BK tidak hanya membantu mereka saat itu, tetapi jugamemberikan keterampilan hidup yang berharga.Lingkungan belajar yang positif sangat pentinguntuk keberhasilan akademik siswa.Sebagai guru BK tidak hanya itu saja yang perlu dimiliki saat terjun kelapangan. Di sisi lain ada juga asas-asas dalam konselingyang harus di jalankan seperti asas kerahasiaan, Dimanaasas ini mencangkup tentang adanya kerahasian antarakonselor dan konseli agar data dari konseli benar-benarterjaga. Asas kesukarelaan, asas ini mencangkup tentangkesukarelaan seorang guru BK yang menjalankan tugasnya sebagai seorang pembimbing. Asas keterbukaan, asas kegiatan,asaskemandirian,asaskekinian, asaskedinamisan, asas keterpaduan dan, asas tut WuriHandayani. Dengan begitu Memahami keterampilandasar konseling adalah suatu keharusan bagi calon guru bimbingan dan konseling. Keterampilan ini bukan hanyabermanfaat untuk menangani masalah siswa, tetapi jugaberperan dalam membangun hubungan yang positif, mendukung kesejahteraan emosional, dan menciptakanlingkungan belajar yang konstruktif.

Dalam dunia pendidikan yang semakin dinamis, peranguru BK sebagai pendamping dan pemandu sangatdiperlukan. Dengan keterampilan konseling yang solid, calon guru BK dapat membantu siswa tidak hanya dalammencapai tujuan akademik mereka, tetapi juga dalammengembangkan diri mereka sebagai individu yang utuhcalon guru BK, memahami keterampilan konselingadalah langkah awal yang penting untuk membangunmasa depan yang sukses dan menguntungkan. Keterampilan ini bukan hanya penting untukmendampingi siswa dalam menghadapi masalah, tetapijuga untuk membangun hubungan yang sehat dan penuhkepercayaan antara guru dan siswa. Maka dari itu, keterampilan dasar konseling merupakan langkah awalmenjadi guru BK masa depan.

Facebook
X
Threads
LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Event Kami

Ruang Kata 4

Artikel Populer

Artikel Terkait

Translate »